animasi

Kamis, 16 Oktober 2014

Daerah kelahiranku :)




Kota Asalku ( Jombang Beriman)



Jombang adalah salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Timur. Jombang biasa disebut sebagai kota santri. Karena di Jombang banyak terdapat pondok pesantren dan banyak tokoh ulama yang lahir di Jombang.

Beberapa pondok pesantren yang terkenal di kota Jombang adalah Tebuireng, Denanyar, Tambak Beras, Pesantren Attahdzib (PA), dan Darul Ulum (Rejoso). Untuk para ulama yang terkenal di kota Jombang adalah adalah mantan Presiden Indonesia yaitu KH Abdurrahman Wahid, pahlawan nasional KH Hasyim Asy'ari dan KH Wahid Hasyim, tokoh intelektual Islam Nurcholis Madjid, serta budayawan Emha Ainun Najib dan seniman Cucuk Espe.
Salah satu kebudayaan di kota Jombang adalah kesenian ludruk/besutan. Namun sekarang ini kesenian tersebut mulai menghilang karena tertindas oleh arus globalisasi. Sekarang ini banyak pemuda yang lebih menyukai kesenian modern, seperti dance, band, dan lain-lain.
Ciri khas kota Jombang adalah bangunan yang ada di pusat kota. Tepatnya di Jalan Gus Dur. Bangunan ini merupakan ikon dari kota Jombang.
Makanan khas kota Jombang adalah Soto dhok yang ada di dekat Ringin contong. Di dekat ringin contong inilah ada tempat makan yang terkenal bagi orang asli Jombang baik yang masih tinggal di sana maupun yang sudah merantau ke kota lain. Tempat makan tersebut hanya menjual soto dhog. Tempat makan yang mengutamakan kesederhanaan, membuat banyak orang yang memiliki kenangan akan tempat ini merasa nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar